Cari disni....

Thursday, April 7, 2016

OTG pada Asus Zenfone 2 ZE551ML Silver Smartphone [4 GB/32 GB]

Setelah membeli handphone Asus Zenfone 2 ZE551ML Silver Smartphone [4 GB/32 GB] di salah satu ecommerce besar di Indonesia, baru kali ini mengetes penggunaan OTG (On The Go).

Apa itu OTG (On The Go) ??

OTG adalah fitur pada handphone Android yang memiliki kemampuan membaca eksternal disk ( flashdsik, hardisk eksternal, micro sd, dll) hanya dengan menggunakan kabel Micro USB ke USB Male. 

Memang untuk beberapa andorid sebelum ditulisnya hal ini, ada beberapa yang tidak suport dengan OTG. Sebaiknya silahkan cek spesifikasi pada hanphone android sebelum melakukan pembelian, apakah support OTG atau tidak. 

Fitur OTG pada handphone android sangat bermanfaat untuk melihat atau menyimpan pada eksternal disk, tanpa memerlukan adanya PC atau laptop.

Pembukaan OTG (base pengalaman pribadi)

Kembali kecerita awal, bahwa ini adalah kecerobohan saya dalam membeli handphone, yaitu tidak mengecek apakah hanphone yang saya beli ini support OTG atau tidak. Berhubung ada promo harga murah dan bisa dicicil selama 12 x pula, akhirnya saya tergiur dan langsung saja beli.

Sebenarnya, saya iseng-iseng saja untuk mencoba OTG ini pada Asus Zenfone 2 ZE551ML Silver Smartphone [4 GB/32 GB], berhubung di rumah ada TV baru (ciye pamer.. engga lah) yang support membaca flashdisk untuk menjalankan video. Adanya fitur TV ini lah yang membuat saya mendownload video via ASUS Zenfone 2 ini dari internet dalam bentuk MP4 atau MKV file. 

Rupanya saya kerepotan saat memindahkan dari memori handphone ke flashdisk, saya memerlukan kabel data dan sebuah PC / Laptop untuk mulai mengcopy file. 

Menurut saya, cara ini tidaklah simple bahkan rumit. Belum lagi kalau kabelnya tidak ada, atau PC / Laptop tidak ada.

Dari pengalaman inilah, saya ingat waktu dulu ada teman saya mengcopy file dari handphone langsung menggunakan OTG. 

Gak yakin Handphone Asus Zenfone 2 support OTG, tapi iseng aja mulai cari2 di internet OTG yang murah. Dari ke isengan tadi, saya nemu OTG murah hanya 5 ribu rupiah ( belum ongkir... ;-) ). 

Selang beberapa hari, datanglah OTG tersebut dan langsung saya coba. Dan Hasilnya????

OTG pada Asus Zenfone 2 ZE551ML Silver Smartphone [4 GB/32 GB] 

Sekarang kita bahas mengenai OTG pada Asus Zenfone 2 ZE551ML Silver Smartphone [4 GB/32 GB. 

Setelah pasang OTG dan Flashdisk, Taraaaaaa..... 

1. Terdeteksi USB Disk pada File Manager. 

Flashdisk yang dicolokan pada OTG terdeteksi oleh ASUS Zenfone 2.

2. Saat melakukan pemindahan file (Move to)

USBdisk1 masih terbaca dan proses pemindahan file dapat langsung di arahkan. 



Kesimpulan OTG pada Asus Zenfone 2 ZE551ML Silver Smartphone [4 GB/32 GB] adalah Asus Zenfone ini memiliki fasilitas OTG yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan transfer data dari handphone ke eksternal disk (flasdisk,dll).







No comments:

Post a Comment

Disclaimer : Our site indexed for all kinds of games and apps. which are all from free and open blog and forums. Please inform our administrator if the copy infringe your copyright. And we will link your official website as the connection address, or remove it within three working days we only provide download link that taken from another website. If you feel our behaviour violate your right, please contact us here aroel_tsm[at]yahoo.co.id